Come on

Follow me @teguhspambudi

Friday, May 20, 2011

Mengendalikan Multitasking

Share this history on :
Mengerjakan banyak tugas secara bersamaan memang mengasyikkan karena sekali dayung bisa 3-4 pulau terlampaui. Tapi sesungguhnya konsekuensinya sangat berat bila tidak berhasil. Secara fisik, bekerja multitasking akan sangat melelahkan. Lalu, hasilnya pun boleh jadi kurang memuaskan karena banyaknya pekerjaan yang menuntut perhatian penuh. Padahal, kita bukan superman atau superlady.

Toh, bukan berarti multitasking harus sepenuhnya dihindari. Terlebih buat mereka yang memang punya energi besar dan ingin meraih banyak prestasi. Persoalannya tinggal bagaimana mengelolanya agar hasilnya oke punya.

Nah, berikut adalah tips yang layak dipertimbangkan agar kita tetap bisa meraih prestasi dan work life balance. tip ini saya ambil dari http://caringcareer.caringcolours.com/2011/05/20/mengendalikan-multitasking/

#1. Estimasi waktu. Cobalah tuliskan apa saja yang harus diselesaikan dalam jangka waktu tertentu. Tambahkan jam tertentu sebagai langkah antisipasi bila ada tugas yang memerlukan extra time.

#2. Gunakan memori eksternal. Otak manusia yang terkotak-kotak karena memikirkan banyak hal, seringkali menjadi lebih sulit untuk kreatif dan produktif dibanding dalam keadaan fokus. Untuk membantu mengingatkan apa yang akan dilakukan, gunakan teknologi: mulai dari kalendar di komputer atau BB, atau peranti lainnya yang membantu Anda mengerjakan tugas mengingat janji atau jadwal penting. Biarkan pikiran Anda bekerja untuk tugas yang lebih penting.

#3. Pilah pekerjaan. Daripada menghabiskan waktu untuk sekedar mengecek email secara berulang-ulang, tentukan waktu kapan akan membaca dan merespons email. Hal yang sama untuk telepon. Set ke voice mail. Lalu, tentukan kapan waktu akan membalas telepon. Dengan penentuan waktu yang spesifik, pekerjaan akan efektif.

#4. Singkirkan gangguan. Cobalah untuk mengontrol interupsi dan keributan. Bisa dengan menutup pintu ruang kerja. Atau bila bekerja di ruangan terbuka, cobalah mengobrol atau meluangkan waktu pada waktu tertentu sehingga hal-hal yang tak perlu dan tak penting, tidak mengganggu pekerjaan. Jangan lupa, jangan sering pula membuat tindakan yang justru menggganggu diri sendiri seperti sebentar-sebentar mengakses BB, membuka Facebook dan meng-update Twitter. Percaya deh, semua kesenangan itu ada waktunya. Dan Anda tidak jadi ketinggalan jaman hanya karena tidak update Facebook dan Twitter sering-sering.

#5. Mencicil pekerjaan. Bila kamu banyak tugas, cicillah sedikit demi sedikit. Patuhi alokasi waktu yang telah dibuat. Satu sampai dua jam tiap hari mencicil pekerjaan, akan sangat produktif dibanding menumpuk dan baru mengerjakannya saat mendekati tenggat (deadline).

Melihat tips di atas, kayaknya bisa dipake neh supaya bisa bersenang-senang di akhir pekan. persoalannya adalah bagaimana komitmen dan konsisten menjalankannya. Itu rasanya yang paling susah.

0 comments: